top of page
Search

Cerita Mereka : Zakiya

"

Bodyshaming itu adalah dimana orang lain cuman ngeliat fisik kita, nge-judge fisik kita yang mungkin emang ga bagus. Bodyshaming itu sama aja kaya pembullyan terhadap fisik seseorang dan bodyshaming dapat menimbulkan dampak negatif terhadap mental seseorang, dia bisa jadi kesal, minder, bahkan depresi"


Aku pernah mengalami body shaming, sakit rasanya dihina oleh teman sendiri. Tapi aku tidak pernah memperlihatkan rasa sakit hatiku kepada mereka. Nanti mereka akan bilang "ah, baper lu! gitu aja dimasukin hati". Padahal sesungguhnya kata-kata itu sungguh menyakitiku. Aku tau banget fisik aku ga sempurna. Tapi kan seharusnya mereka tidak perlu menghinaku. Tanpa mereka hina juga aku sudah tau kekuranganku. Merekapun tidak sempurna, kenapa harus menghina aku? Agar mereka terlihat lebih baik? Apakah mereka tidak sadar dengan kekurangan mereka sendiri? Sekarang, aku tidak akan tinggal diam saja jika aku dihina.


Untuk semua yang pernah mengalami body shaming, jangan diam saja. Tunjukkan bahwa kalian tidak pantas dihina. Bahkan boleh banget kalian bilang "ngaca lu sana, lu juga punya kekurangan". Jangan hanya karena mereka itu teman kalian, lalu kalian diamkan begitu saja. Beritahu teman kalian baik-baik, "Hey kawan, jangan hina aku jika dirimu sendiri belum sempurna. Tanpa kau hina, aku juga sudah menyadari kekuranganku". Jika kamu dihina dan pelakunya tidak ada niatan untuk meminta maaf, laporkan saja ke polisi! Sekarang kan, sudah ada undang-undang untuk body shaming!


Untuk semua pelaku body shaming, jangan melihat semuanya dari fisik. Kalau memang fisikmu melebihi orang yang kau hina, harusnya kau bersyukur. Bukan malah mengejek kekurangan orang yang kau hina. Belajarlah untuk menghargai semua ciptaan Tuhan. Semoga kalian semua yang masih suka melakukan body shaming, sadar akan apa yang kalian lakukan. :)





3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page